ALFI Gaungkan Kolaborasi Pelaku Logistik Asean

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) kembali menggaungkan pentingnya kolaborasi antar pelaku usaha saat menghadiri pertemuan para pelaku logistik se

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) kembali menggaungkan pentingnya kolaborasi antar pelaku usaha saat menghadiri pertemuan para pelaku logistik se-ASEAN di Thailand pada 15-16 Agustus 2024.
Waketum bidang Organisasi, Kaderisasi dan Kelembagaan DPP ALFI, M.Nuh Nasution mengemukakan, ASEAN adalah potensi pasar yang cukup besar. Apalagi total penduduk  Indonesia juga tercatat cukup besar yakni 40%-nya dari total penduduk di ASEAN.
"Dalam moment itu, kami juga berdiskusi intensif  dengam para buyer dan seller untuk meningkatkan surplus neraca perdagangan Indonesia khususnya di kawasan Asean," ujar M.Nuh yang mewakili DPP ALFI pada kesempatan tersebut dikutip dari keterangan resmi, Minggu (18/8/2024). 
Baca Juga:
Dorong Pemerataan, Pemerintah Alokasikan Transfer ke Daerah Dekati Rp 1.000 Triliun
Advertisement
Dia menjelaskan, di sisi lain saat ini kinerja perdagangan Indonesia dan Thailand masih minus, dan diharapkan dengan adanya kolaborasi ini dapat menyumbangkan kontribusi positif perekonomian Indonesia.
Thailand, negara yang menempati posisi sentral di Asia Tenggara, berbatasan dengan Myanmar di barat dan utara, Laos dan Kamboja di timur, serta Teluk Thailand dan Malaysia di selatan. 
Selain itu, Thailand juga memiliki batas maritim dengan Vietnam, Indonesia, dan India. Saat ini, Thailand mengadopsi sistem monarki konstitusional dan demokrasi parlementer, serta dianggap sebagai kekuatan besar di kawasan ini dengan ekonomi terbesar kedua.
Negara ini memiliki infrastruktur yang relatif maju, serta ekonomi terbuka dengan kebijakan yang ramah bisnis. Thailand juga memiliki jaringan perdagangan internasional yang kuat, di mana kegiatan ekspornya menyumbang sekitar 67% dari PDB, termasuk barang elektronik, produk pertanian dan makanan olahan, serta produksi kendaraan termasuk suku cadangnya.
Baca Juga:
Menurunkan Biaya Logistik di Tengah Tantangan Global
M.Nuh memaparkan, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Thailand sudah berlangsung sejak tahun 1950. 
Bahkan, menurutnya, saat ini hubungan diplomatik, termasuk ekonomi antara Indonesia dan Thailand berjalan harmonis dan saling menguntungkan.
"Makanya ALFI terus mendorong agar hubungan yang harmonis selama ini antara RI dan Thailand, bisa terus di tingkatkan," ucap M.Nuh.

This article comes from the Internet and does not represent the position of this site. Please indicate the source when reprinting.
Link address of this article:http://www.jszt56.com/wangzhanyouhua/2024-08-18/483.html
Back to top